gravatar

Bagaimana Memodifikasi Desain Tampilan Blog atau Web

Malam gerimis dan tidak ada kegiatan ditambah lelah sehabis jalan-jalan di pusat pengetahuan dunia internet akhirnya saya memutuskan untuk berbagi ilmu kepada kawan-kawan semua :). Walau sedikit semoga mengena di hati pembaca(walaah..?? haha).
Oke disini saya akan sedikit memberikan tips untuk memodifikasi tampilan blog atau web, entah itu memakai blogspot, wordpress, drupal, joomla, dll.
Untuk memodifikasi template atau desain suatu blog/web kuncinya disini adalah harus mengetahui struktur HTML, php code, java code, dan CSSna. Cara mengetahui secara manual strukturnya bisa dilakukan :

1. Pilih View pada browser anda, pilih page source
2. Atau menekan tombol Ctrl+U

Cara lain yang lebih memudahkan kita dalam meng-explore strukturnya adalah dengan menginstal addon (untuk pengguna Firefox). Addon ini adalah firebug...bisa didownload disini.
Setelah berhasil diinstall icon firebug dipojok kanan bawah browser bisa diklik dan diliat struktur web yang sedang dibuka. Bisa juga kita edit langsung disitu, tapi bersifat sementara, bila kita refresh maka akan kembali ke struktur awal.

Untuk browser Google Chrome lebih mudah karena kita tidak harus menginstall plugin tambahan, cukup klik kanan bagian halaman yang mau kita explore, kemudian pilih inspect elemen.

Tips ini sangat berguna untuk kita para newbie atau pemula bila ingin memodifikasi template atau desain web/blog kita.

Semoga bermanfaat ^^

saya ga perlu mempelajari hal itu gan,
cukup mengedit yang sudah ada,,
hahaha
maklum anak broker..

Sep gan..pertahankan :)

mengedit yang sudah ada jg sepertinya lebih mudah bila memakai alat bantu tersebut ..hhe

Sukses gan!

Tinggalkan komentar ya kawan? komentar kawan semua sangat berarti untuk penunjang perkembangan dan perbaikan Blog saya. Anda komentar pasti saya akan komentar kemblai ke Blog anda ^^. Sukses Bersama!!