gravatar

Bagaimana Install Wordpress di Localhost

Topik kali ini adalah wordpress, dimana saya akan sedikit sharing tentang bagaimana menginstal wordpress di localhost. Wordpress ini memliki fitur-fitur yang sangat user friendly dan ramah akan mesin pencari seperti google. Pilihan yang tepat untuk temen-temen yang ingin memulai blogging selain memakai blogspot atau blogger.

Sebelumnya silahkan teman-teman mengunduh wordpress 3.1 disini. Setelah itu pastikan juga terinstal komponen Appserv di dalam komputer kita. Appserv ini adalah cara mudah menginstal 4 komponen dalam dunia web, yakni :

1. php
2. mysql
3. apache
4. phpmyadmin

Setelah berhasil didownload, file wordpress tadi di ekstrak kemudian diletakkan di folder www di dalam hasil instalan appserv. Setelah itu kita buka browser kita, kita ketikkan localhost/phpmyadmin. Phpmyadmin ini berfungsi untuk membuat dan mengelola database kita. setelah masuk ke halaman phpmyadmin, kita buat database baru, misal kita beri nama "database".

Kalau sudah kita cari file wp-config-sample.php didalam folder wordpress tadi. Setelah ketemu kemudian dibuka memakai notepad atau adobe dreamweaver, kita ubah isinya menjadi :
define('DB_NAME', 'industri');

/** MySQL database username */
define('DB_USER', 'root');

/** MySQL database password */
define('DB_PASSWORD', 'root');

Bagian yang tercetak merah disesuaikan dengan nama database dan password database teman-teman.
Kemudian save dengan nama wp-config.php

Lanjut, ketikkan localhost/wordpress di browser teman-teman dan langkah selanjutnya penginstalan dengan mengikuti petunjuk yang ada.

NB: nama folder wordpress dapat diganti dan bila ingin dilihat di browser ketikkannya disesuaikan dengan perubahan nama yang telah dibuat, misalnya localhost/yogaweb

CMIIW bila ada koreksi..^^
Semoga bermanfaat ^^

Tinggalkan komentar ya kawan? komentar kawan semua sangat berarti untuk penunjang perkembangan dan perbaikan Blog saya. Anda komentar pasti saya akan komentar kemblai ke Blog anda ^^. Sukses Bersama!!