gravatar

Connection Information Pada Wordpress Localhost Ubuntu

Kendala yang sering terjadi sewaktu memakai wordpress yang disetting di localhost ubuntu adalah kegagalan dalam mengupload theme atau plugin. Pesan yang muncul adalah

Could not create directory. /var/www/site/wp-content/theme

Kenapa terjadi?? karena localhost ini terletak di dalam file system ubuntu, sehingga terjadi penolakan permission disitu. Bagaimana cara mengakalinya??

Step.1
Ubah permission nya dulu..dengan:

$ su
# cd /var
# chmod 777 www

atau dengan manual klik kanan folder /www kemudian set permissionnya.

Step.2
Setelah itu mungkin akan muncul masalah kedua, yaitu wordpress meminta kita untuk mengisi connection information. dimana kita diminta memasukkan hostname, FTP username, dan passwordnya. Mengapa ini terjadi??
Wordpress tidak punya hak otoritas akses di dalam filesystem secara langsung, makanya wordpress meminta koneksi FTP untuk dapat hak aksesnya.
Solusinya?? mencari tahu sebagai apa apache kita berjalan? dan merubah kepemilikan WordPress dari direktori ke "sebagai apa apache kita berjalan". HHa...susah jelasinnya...pokoknya begitulah :D

Bila semisal apache kita berjalan dalam httpd, maka yang kita lakukan adalah ketikkan di terminal,

# chown -R httpd: wordpress

Untuk mengetahui sebagai apa apache kita berjalan dapat dilakuan dengan membuat file php, isinya seperti ini:

Simpan file ini, kemudian di simpan di /var/www guna dijalankan di localhost.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat^^

Tinggalkan komentar ya kawan? komentar kawan semua sangat berarti untuk penunjang perkembangan dan perbaikan Blog saya. Anda komentar pasti saya akan komentar kemblai ke Blog anda ^^. Sukses Bersama!!