gravatar

Bagaimana konsep permision di ubuntu

Setelah beberapa hari vakum posting, saya akan kembali berbagi tentang konsep setting file permisson di linux ubuntu.
Ilmu ini saya dapatkan dari serangkaian diskusi bersama mas-mas yang sudah "nglotok" memakai linux. hohoho..dan saya berfikir untuk menuliskannya di blog ini supaya tidak lekang oleh waktu..=)

Dalam setting permission dalam ubuntu ada 3 usability, yaitu :

1. owner
2. group
3. others


    dimana di tiap usability terdapat aturan-aturan, seperti :

    1. read : value 4 (2^2)
    2. write : value 2 (2^1)
    3. execute : value 1 (2^0)

      nah konsep tersebut digunakan dalam perintah coding di terminal, misalnya kita akan merubah setting file permission di folder /var/www

      chmod 777 /var/www

      itu berarti statusnya jumlah value usability owner = 7 (4+2+1) , group = 7 (4+2+1) , others = 7 (4+2+1)

      Semoga bermanfaat ^^

      Tinggalkan komentar ya kawan? komentar kawan semua sangat berarti untuk penunjang perkembangan dan perbaikan Blog saya. Anda komentar pasti saya akan komentar kemblai ke Blog anda ^^. Sukses Bersama!!